Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    Mersi #3 (Kaderisasi Lanjutan) di SM Sermo

    Kadalan (Kaderisasi Lanjutan)
    Dahulu kala, acara ini bernama Follow Up Gelatik lalu karena perekrutan anggota diganti menjadi Pergam, namanya pun berubah menjadi Follow Up Pergam. Karena dirasa terlalu panjang dan orang-orang Bionic lebih suka memakai nama jenis burung sebagai akronim, munculah Kadalan dengan kepanjangan Kaderisasi Lanjutan.

    Tidak jauh berbeda dengan Follow Up Gelatik di tahun sebelumnya, acara ini fokus untuk menindaklanjuti kegiatan Pergam dimana peserta sudah diberikan bekal mengenai cara pengamatan burung, cara menggunakan alat, cara identifikasi burung, dan lainnya. Di kegiatan ini, peserta diberikan materi mengenai Dokumentasi dan Kepenulisan. Harapannya hasil pengamtan burung yang telah dilakukan dapat terdokumentasi dan tertulis menjadi lebih baik.

    Materi Dokumentasi disampaikan oleh Ahmad S Abid sebagai Ketua Bionic 2013. Dalam materi ini disampaikan beberapa poin penting cara dokumentasi brung mulai dari ngelist dan sketsa burung, foto, dan video.

    Materi selanjutnya tentang Kepenulisan disampaikan oleh Shaim Basyari. Untuk materi yang satu ini, sebenarnya banyak sekali poin-poin yang perlu dicatat mulai dari pentingnya menulis, mencatat hal-hal mengenai burung, membuat proposal penelitian, mengirimkan jurnal, cara mendapatkan inspirasi menulis, dan masih banyak lagi. Dari sekian slide yang ditampilkan, terdapat sebuah kalimat berbahasa Inggris yang artinya “Jika ingin melihat ke depan dengan lebih luas, berdirilah di atas bahu raksasa”. Semoga bisa menafsirkannya sendiri.

    Pengamatan Burung
    Perlu diketahui bahwa peserta pada acara Kadalan ini semuanya adalah perempuan.

    Pengamatan burung dimulai Minggu pagi. Peserta dibagi menjadi 3 kelompok besar ditambah beberapa pemandu. Pengamatan dimulai sekitar pukul 07:00 sampai 10:00 wib. Setelah acara diskusi, diperoleh hasil kompilasi dari 3 jalur yang dilalui ditambah 1 jalur tambahan ditemukan 17 jenis burung yang menghuni Suaka Margasatwa Sermo.

    Tidak ada komentar