Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    Siluet Sang Raptor


    Burung yang ini memang selalu membuat kagum saya sebagai seorang yang awam dalam birdwatching, burung raptor. Burung yang beranggotakan bangsa burung pemangsa (e.g. elang, burung hantu) ini memang selalu mengagumkan mulai dari burung diurnalnya sampai burung nocturnalnya. Wow banget deh jika berjumpa di alam dan bukan di kandang. 

    Dalam agenda rutin Kelompok Pengamat Burung Bionic UNY, Bionic UNY mengadakan festival yang khusus dibuat untuk mengamati burung raptor. Festival Burung Raptor. Festival Burung Raptor 2015 diadakan pada tanggal 6 dan 8 November 2015. Tanggal 6 untuk materi burung raptor dan tanggal 8 untuk pengamatan langsung mengamati sang raptor. Pengamatan dilakukan di spot yang katanya sih tempat yang favorable banget buat si raptor sliweran kesana-kemari. Hayo dimana? Nama spotnya Bukit Jarum, Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta tepanya di dekat Museum Ulen Sentalu. 

    Saat itu mungkin karena cuaca yang kurang mendukung (agak mendung tapi tidak hujan terkadang juga cerah), selama ±4 jam kami menunggu hanya 4 spesies burung (iya bukan sih? Mungkin itu hanya yang teramati oleh saya, hehe) yang teramati dengan jumlah yang tidak begitu banyak, kurang dari sepuluh. 4 spesies yang teramati antara lain : Sikep madu asia, Elang ular bido, Elang-alap cina, dan elang hitam. 

    Nah, Alhamdulillahnya saya mendapatkan semua foto 4 spesies burung raptor tersebut. Siluet Raptor Kiri atas : Sikep Madu Asia; Kiri bawah : Eang Ular Bido;Kanan atas : Elang Hitam; Kanan bawah : Elang Alap Cina. 
    Nah itu fotonya, siluet bukan? Selain 4 spesies raptor tersebut yang teramati oleh saya pada hari itu adalah Tekukur biasa, Cekakak sungai, Cucak kutilang, Kapinis Laut, Walet Linci, Layang-layang Asia.

    Tidak ada komentar