Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    Biologi Mengajar ala KPB Bionic UNY

    Himabio FMIPA UNY mengadakan kegiatan Aksi Sosial Himabio 2016 dengan tema `Biologi Berbagi, Wujudkan Insan Peduli` di Kuwon Tengah, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul (5-6/10). Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain penyuluhan tentang pembuatan pupuk kompos, cek kesehatan gratis, pemberian sembako, pemberian susu gratis untuk anak-anak dan bazar baju.

    Selain itu ada kegiatan Biologi Mengajar, dimana Himabio FMIPA UNY bekerjasama dengan SMP PGRI Semanu. Pada kegiatan Biologi Mengajar ini Himabio FMIPA UNY mengajak BSO BSG, Kelompok Studi Herbiforus dan KPB Bionic UNY.

    Masing-masing organisasi memberikan materi dan pelatihan sesuai bidang yang ditekuni kepada siswa kelas VII SMP PGRI Semanu. BSO BSG dengan materi tentang kelelawar, KS Herbiforus dengan pelatihan pembuatan pot hidroponik sederhana dan KPB Bionic UNY dengan materi tentang burung.KPB Bionic UNY memberikan materi tentang Burung dan Habitatnya, Nilai Penting Burung, serta Kegiatan Pengamatan Burung.

    Siswa juga berkesempatan untuk mencoba menggunakan teropong binokuler, alat bantu yang digunakan untuk melihat burung di alam. Kegiatan pengamatan burung di alam secara langsung tidak memungkinkan karena saat itu siang hari. Perjumpaan dengan burung akan sangat sulit jika memaksakan untuk melakukan pengamatan secara langsung.

    Beberapa siswa sudah mengenal burung-burung di sekitarnya tetapi masih dengan nama lokal, seperti talokan atau burung cabai jawa, tengkek atau burung cekakak dan lainnya. Ternyata masih banyak dari mereka yang belum mengetahui bahwa ada beberapa burung yang dilindungi karena dari pengakuan mereka, mereka masih senang berburu burung menggunakan ketapel. Setelah penyampaian materi ini diharapkan mereka dapat belajar untuk peduli lingkungan khususnya burung. (Aghnan)

    Tidak ada komentar