Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    Kegiatan KPB Bionic UNY

    KEGIATAN RUTIN

    1. GELATIK atau Gelar Pelantikan
    Diadakan setahun sekali untuk melantik anggota baru.
    Gelatik 2014
    2. MERSI (Mersani Peksi)
    Pengamatan Burung sebulan sekali yang rutin dilakukan setiap bulan. Lokasi di Yogyakarta dan sekitarnya

    3.Pelatihan Burung Pantai dan Pelatihan Raptor
    Kegiatan pelatihan pengamatan burung pantai dan burung raptor kepada anggota Bionic, mengenalkan tentang jenis-jenis burung pantai dan burung raptor dan cara identifikasinya.

    4. MoBuPi (Monitoring Burung Pantai)
    Rutin dilakukan oleh KPB BIONIC UNY mulai dari tahun 2007 - sekarang pada saat musim Migrasi Burung Pantai (September - April) di setiap bulan Migrasi rutin memonitoring Burung Pantai (Shorebird) yang singgah di Pantai Trisik dan sekitarnya.
    Monitoring Burung Pantai
    5. AWC (Asian Waterbid Cencus)
    Kegiatan ini merupakan partisipasi Kpn Bionic Uny dalam kegiatan Sensus burung air yang rutin dilakukan Kelompok Pengamat Burung se-Asia. Dilakukan setiap bulan Januari, serempak dilakukan oleh pengamat burung di berbagai negara di Asia dan data yang diperoleh akan dikumpulkan ke koordinator pusat guna menghitung jumlah populasi burung air.

    6. Birdwatching for Kids and Birdwatching for Student
    Mengenalkan pendidikan konservasi lewat pengamatan burung kepada anak – anak serta pelajar di Yogyakarta dan sekitarnya.

    7. Pendataan Avifauna Kampus UNY
    Kegiatan rutin dilakukan setiap tahun untuk mengetahui keragaman jenis burung yang ada di kampus UNY Karangmalang serta untuk mengetahui perubahan populasi avifauna kampus UNY Karangmalang.

    8. Diskusi Hasil Penelitian
    Kegiatan semacam seminar, mendiskusikan hasil temuan-temuan dan hasil penelitian yang dilakukan oleh anggota Bionic UNY.

    9. Partisipasi dalam PPBJ Birdbanding Club (Penandaan Burung liar menggunakan cincin/bendera dengan ijin Indonesia BirdBanding Society)

    10. Delegasi Peserta Birdwatching Competition
    Pengiriman anggota KPB BIONIC UNY untuk turut serta dalam kegiatan kompetisi pengamatan burung yang rutin di lakukan di berbagai tempat di Indonesia.

    11. Festival Migrasi Burung Pantai Migran
    Kegiatan ini dilakukan pada musim migrasi burung pantai yaitu pada bulan Oktober-Desember setiap tahunnya di wilaytah-wilayah singgah (Birding Site) burung pantai migrant.Yogyakarta memiliki Pantai Trisik yang merupakan Birding Site teramai setiap musim migrasi. Femomena mengundang antusias para pengamat burung baik dari luar dalam maupuun luar Yogyakarta.

    12. Ekspedisi Layang-Layang Api
    Merupakan kegiatan eksplorasi yang dilakukan oleh Kpn Bionic Uny disuatu wilayah tertentu dengan harapan dapat memperoleh data terbaru di suatu wilayah mengenai burung dan habutatnya.

    13. Pameran Karya Biodiversitas Indonesia
    Kegiatan ini merupakan kegiatan yang akan menampilkan hasil karya anggota-anggota Kpb Bionic Uny dari tahun ke tahun. Karya tersebut dapat berupa tulisan, penelitian, foto, maupun kejuaran yang pernah di raih.



    Alamat Sekretariat KPB Bionic UNY:

    Gelanggang Ormawa FMIPA UNY, Karangmalang, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY, 55281.

    Tidak ada komentar