Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    KPB BIONIC UNY

    KPB BIONIC UNY adalah Kelompok Pengamat Burung dari Universitas Negeri Yogyakarta yang resmi berdiri pada tanggal 25 Desember 2004 saat Sidang Umum Keluarga Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi. Nama BIONIC merupakan akronim dari “Biologi Uny Ornithologi Club”, selanjutnya pada Musyawarah Anggota BIONIC tahun 2010 akronim tersebut dihilangkan sehingga nama yang digunakan kemudian adalah KPB BIONIC UNY, tanpa terkandung akronim di dalamnya. Padas awal terbentuknya, Kelompok Pengamat Burung ini berstatus Badan Semi Otonom (BSO) HIMABIO FMIPA UNY. Sejak tahun 2013, KPB Bionic UNY resmi menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

    Logo KPB BIONIC UNY
    Terbentuknya kelompok ini berasal dari keinginan beberapa orang mahasiswa biologi yang mempunyai ketertarikan pada satwa burung untuk mendirikan sebuah kelompok yang bisa mewadahi hobi mereka. KPB BIONIC UNY mempunyai visi yang sekaligus dijadikan slogan yaitu: “Kepedulian di Hari ini, Kelestarian di Masa Depan” sedangkan misinya adalah: 
    1. Meningkatkan kepedulian mahasiswa dan masyarakat umum terhadap kelestarian burung di alam dengan pengamatan, penelitian, serta upaya lain yang mendukung.
    2. Melakukan upaya konservasi burung dan habitatnya.

    Anggota KPB BIONIC UNY yang tercatat sampai saat ini 161 orang. Kemudian sejak berdirinya pada tahun 2004 hingga sekarang, KPB BIONIC UNY sudah banyak melakukan kegiatan dalam bidang ornithologi. Kegiatan-kegiatan itu meliputi pengamatan burung, kampanye pelestarian butung, riset tentang ornithologi, serta pendidikan lingkungan.

    Selain itu, KPB BIONIC UNY juga banyak berpartisipasi dalam berbagai hal baik dalam lingkup regional, nasional, maupun internasional. Di regional Yogyakarta, KPB BIONIC UNY tergabung dalam sebuah jaringan yang bernama Paguyuban Pengamat Burung Jogja (PPBJ) bersama organisasi-organisasi pemerhati burung lainnya. Jogja Bird Walk (JBW) merupakan agenda bulanan jaringan pengamat burung tersebut yang rutin diikuti oleh BIONIC. Kegiatan ini bertujuan memantau dan mendata burung-burung liar di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya. Di ajang nasional pun tidak ketinggalan, mulai dari MoBuPi (Monitoring Burung Pantai) serta beberapa event nasional lainnya seperti Birding Competition yang sering diadakan di berbagai tempat di Indonesia. KPB BIONIC UNY juga menjadi salah satu kontributor data untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pada AWC (Asian Waterbird Census) setiap tahunnya. The 5th AOC (Australian Ornithological Confetence) menjadi konferensi internasional pertama yang diikuti pada tahun 2009 lalu.

    Sebagai kelompok pengamat burung, memberikan wawasan dan informasi tentang burung serta melakukan kegiatan-kegiatan yang bertemakan konservasi khususnya konservasi burung dan habitatnya merupakan hal yang wajib dilakukan untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dan eksistensi di masyarakat luas. Oleh karena itu, tidak bosannya KPB BIONIC UNY mengajak kepada siapapun “Marilah kita senantiasa menjaga burung agar tetap lestari di habitat aslinya”. Seindah apapun burung yang ada di sangkar, masih lebih indah saat alam liar menjadi sangkarnya.

    Sumber: ospekfmipauny

    1 komentar: