Header Ads

KPB Bionic UNY
  • Breaking News

    Bondol Jawa dan Burung Madu Jawa

    oleh Ngesti Mugi Amanda

    Pertama saya melihat burung ini ketika saya ikut mas Kir di Kembang Soka, daerah Jatimulyo, Kulon Progo. Pengamatan ini dilakukan pada hari Selasa, 9 Januari 2018 berlokasi di Kembang Soka, waktu pengamatan sekitar pukul 8.40- 10.30 WIB. 

    Di sela sela perjalanan pengamatan kami menemukan dua atau tiga ekor burung yang sedang membuat sarang. Burung tersebut dengan ciri ciri yaitu ukuran kecil seperti burung gereja dengan leher hitam, sayap berwarna kecoklatan, dengan perut berwarna putih dan tubuhnya membulat. Setelah saya bertanya kepada mas Kir apa nama burung itu, ternyata burung itu adalah burung Bondol Jawa (Lonchura leucogastroides).

    Pada saat pengamatan burung tersebut sedang membuat sarang di sebuah pohon. Burung itu sepertinya sedang berbagi tugas, ada burung yang menjaga dan menata sarang dan ada juga burung yang mencari bahan untuk membuat sarang. Burung yang mencari bahan membuat sarang bolak-balik keluar masuk sarang dengan membawa suatu rumput kering sebagai bahan untuk membuat sarang mereka. Burung ini membuat sarang di pohon yang tidak terlalu besar dan sarangnya pun tidak terlalu tinggi dan masih dapat diamati dengan mata telanjang tanpa menggunakan alat pengamatan. 
    Kemudian burung yang kami jumpai selanjutnya yaitu burung madu Jawa (Aethopyga mystacalis). Pertama kali saya melihatnya saya terkejut, burung ini sangat indah dan menarik sekali warnanya. Burung ini berukuran kecil, dengan warna dada, leher ke atas berwarna merah, dengan sayap warna zaitun, dengan ekor yang lumayan panjang. Pada waktu itu burung madu jawa ini sedang mengunjungi bunga singkong untuk diambil madunya sebagai makanan. Kata mas Kir, burung ini bisa dijumpai di bunga singkong, bunga pisang, ataupun bunga cengkeh.

    Tidak ada komentar